Friday, March 5, 2010

Disable Autoplay CD/DVD dan USB Flash Drive


Setiap kali Anda menancapkan USB flash disk atau memasukkan kepingan CD/DVD drive, Windows XP akan menampilkan windows pop-up Autoplay di layar monitor. Jika dirasakan tampilan tersebut mengganggu, Anda dapat men-disable-nya. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mengubah tools Group Policy.

Pertama-tama Anda perlu masuk ke dalam tool Group Policy Editor yang telah terintegrasi dengan Windows XP. Caranya, klik tombol “Start” dan pilih “Run” lalu ketikkan ‘gpedit.msc’.

Selanjutnya, Anda akan diajak masuk ke dalam windows Group Policy Editor. Di sana, Anda dapat mengakses “Computer Configuration | Administrative Template | System”. Kini, cari “turn off Autoplay” yang ada di daftar panel Group Policy sebelah kanan dan ubah statusnya menjadi “Enable”. Untuk mengubah statusnya klik ganda “Turn off Autoplay” dan pilih option radio button “Enable” yang ada di dalam windows Turn Autoplay Properties.

Masih di dalam Windows Turn off Autoplay Properties, Anda juga perlu mengubah pilihan “CD-ROM Drive” menjadi “All drive” yang terletak pada kolom “Turn off Autoplay on”. Terakhir, tutup windows Turn off Autoplay Properties dengan meng-klik tombol “Apply” dan lanjutkan dengan menekan tombol “OK”.



0 comments:

Post a Comment